Aldila Sutjiadi: Serve Haddad Sulit Dikembalikan

ayotenis.com, Bogota - Peraih medali emas tenis ganda campuran Asian Games 2018Aldila Sutjiadi (27), dan pasangan gandanya, Astra Sharma (27) dari Australia, sukses menjejakkan kaki ke babak pamungkas turnamen WTA Bogota yang tengah berlangsung di Bogota. 

Duo beda negara itu berhak mengantongi tiket final kejuaraan tenis prestisius bertajuk "Copa Colsanitas presentado por Zurich" ini, menyusul kemenangan yang mereka petik di semifinal atas pasangan gado-gado, Beatriz Haddad Maia (Brasil)/Camila Osorio (Kolombia).

Pada laga yang dimainkan Sabtu (09/04/2022) pagi WIB, Aldila/Astra harus berjuang selama tiga set sebelum bisa menghempaskan Beatriz Haddad/Camila Osorio. 

Kalah 4-6 di set pembuka, Aldila/Astra berhasil bangkit dan mampu merebut set kedua dengan skor 7-5.

Kedudukan sama kuat memaksa laga harus dituntaskan dengan menggelar set penentu. 

Aldila/Astra yang telah menemukan bentuk permainan terbaik mereka, nampak mendominasi jalannya laga set ketiga yang menggunakan format super tie break. Akhirnya Aldila/Astra menutup set penentu dengan skor 10-6.

Salah satu kunci keberhasilan meredam ketangguhan Beatriz Haddad/Camila Osorio adalah kesuksesan Aldila/Astra menjinakkan serve Beatriz Haddad yang menurut Aldila sulit dikembalikan.

"Kami bermain cukup baik hari ini dan bisa mencari jalan keluar untuk return serve. Karena memang serve Haddad sulit untuk dikembalikan." tutur Aldila saat dihubungi Shirly Arayana Megatama dari tenisIndonesia.com dan ayotenis.com (09/04).

Seperti telah Anda ketahui, Beatriz Haddad bukanlah petenis kaleng-kaleng. Ia pada awal tahun ini berhasil menjadi finalis turnamen akbar Australia Terbuka 2022. Kala itu Beatriz Haddad berduet dengan petenis Kazakhstan, Anna Danilina.

Berikutnya di babak final turnamen berhadiah total 250.000 dollar AS atau sekitar Rp 3,6 Milyar ini, Aldila/Astra bakal berjibaku melawan pasangan beda negara, Tara Moore (Britania Raya)/Emina Bektas (Amerika Serikat).

Tara Moore/Emina Bektas yang pada turnamen ini tak diunggulkan, melangkah ke final setelah membukukan kemenangan atas pasangan ganda andalan tuan rumah, Yuliana Lizarazo/María Herazo González, 6-4, 7-6(5).

Yang menarik, Yuliana/María di babak perempatfinal membuat kejutan besar dengan berhasil menjungkalkan pasangan unggulan utama, Sabrina Santamaria (Amerika Serikat)/Natela Dzalamidze, 7-5, 2-6, (10-8).

Turnamen WTA Bogota yang telah digeber sejak hari Senin (04/04/2022) menurut rencana akan berlangsung hingga hari Minggu (10/04/2022).

Hasil-hasil pertandingan dan Info turnamen tenis terkini lainnya dapat disimak di tenisIndonesia