Salah satu kunci prestasi adalah perhatian pengurus induk organisasi

ayotenis.com, Jakarta  Salah satu kunci keberhasilan atlet meraih prestasi adalah perhatian dari pengurus induk organisasi.

Begitu penuturan tokoh dan sesepuh tenis negeri ini, Dr. Rildo Ananda Anwar, SH., MH..saat dihubungi ayotenis.com seusai menyambangi para petenis yang tengah mengikuti ajang seleknas Davis Cup 2024 di lapangan tenis GBK Senayan, Rabu (10/01/2024).

"Pemain butuh perhatian pengurus." tutur Dr, Rildo Ananda Anwar.

"Kebersamaan memberi semangat mereka dalam berlatih dan bertanding." imbuh Pria yang akrab disapa Pak Rildo tersebut.

Salah satu Ketua Umum (Ketum) Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP PELTI) tersukses dalam sejarah tenis Indonesia itu menerangkan, tiap hari atlet harus menyantap menu latihan keras dan berat yang terkadang menjemukan. Oleh sebab itu dorongan semangat dan motivasi dari pengurus sangat diperlukan oleh seorang atlet.

"Dengan turun ke lapangan, pengurus juga bisa mengetahui secara langsung kondisi pemain yang sedang berlatih keras, maupun kala mereka bertanding. Perhatian pengurus jadi pelecut motivasi juga dorongan semangat tersendiri bagi pemain dalam mempersiapkan diri menghadapi kejuaraan." papar Mantan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI itu.

"Saya pernah jadi atlet yang tentu bisa merasakan bagaimana beratnya latihan dan juga pernah merasakan tekanan kala bertanding. Dari pengalaman itu, saya tahu apa saja yang dibutuhkan seorang pemain" sambungnya.

Lebih lanjut Pak Rildo menekankan, pengurus jangan hadir hanya kala atlet sukses meraih prestasi, namun bersembunyi ketika atlet berjuang, berlatih keras hingga bertanding, juga kala atlet cidera.

"Jangan lalu setelah pemain juara, pengurus tiba-tiba hadir seperti pahlawan kesiangan, gembar-gembor itu hasil pembinaannya, padahal bila ditanya nama pemain saja tidak tahu.., dan sebaliknya bila pemain ditanya siapa pengurusnya? mereka juga tidak tahu..." tandas Pak Rildo.

"Mari kita benar-benar memperhatikan pemain. Biarkan mereka fokus total berlatih dan bertanding. Dan yang sangat penting, jangan menambahi beban pemain !" tegas Staf khusus bidang Hukum Menteri PUPR itu.

Tentu belum lekang dari ingatan kita, di era Pak Rildo tenis Indonesia menjadi salah satu kekuatan yang disegani di Asia. Prestasi demi prestasi berhasil diukir oleh petenis-petenis negeri ini, baik di ajang SEA Games bahkan Asian Games. Tak hanya itu, petenis Indonesia juga sukses menorehkan berbagai prestasi disejumlah turnamen profesional.

Nampaknya tenis Indonesia perlu dipimpin oleh orang-orang seperti Pak Rildo, yang sangat berdedikasi, cinta dan siap berkorban total bagi tenis negeri ini.

Dr. Rildo Ananda Anwar bersama peraih medali Asian Games 2023
Janice Tjen (kiri) dan Aldila Sutjiadi (tengah)