Tennis Australian Open: Coach Martin Bicara Penampilan Aldila Sutjiadi

ayotenis.com, Melbourne  Seperti telah kita ketahui bersama, langkah salah satu Srikandi tenis kebanggaan Indonesia, Aldila Sutjiadi, yang berpasangan dengan petenis Jepang, Miyu Kato, secara mengejutkan terhenti di putaran pertama ganda putri turnamen tenis Grand Slam Australia Terbuka 2024.

Duet Asia itu harus memupus impian mereka berkiprah lebih jauh pada sektor ganda putri ajang yang berlangsung 14–28 Januari 2024 di Melbourne tersebut, menyusul kekalahan yang mereka alami dari Anna Kalinskaya/Ekaterina Alexandrova.

Bertanding pada Selasa (16/01/2024) petang WIB, Aldila/Kato yang pada Australia Terbuka 2024 ini menempati posisi seeded ke 13, takluk pada duet non unggulan itu lewat pertarungan rubber set yang berkesudahan dengan skor 3-6, 6-0, 5-7.

"Persiapan kemarin sudah Ok. Cuma waktu main memang awalnya kurang joss." tutur coach Martin Setiawan, pelatih Aldila Sutjiadi, saat dihubungi ayotenis.com (17/01).

"Lalu set kedua bisa bangkit. Set ketiga lawannya juga jadi bagus." imbuh pelatih berlisensi ITF level 3 itu.

Kendati kandas di sektor ganda putri, namun Aldila tak langsung angkat koper dari Melbourne. Petenis jelita berusia 28 tahun itu masih punya asa menjadi orang pertama negeri ini yang mampu memenangi gelar Grand Slam, lantaran ia juga tampil di nomor ganda campuran berpasangan dengan petenis Selandia Baru, Michael Venus.

Pasangan gado-gado itu dijadwalkan bakal mengawali perjuangan mereka pada Jumat (19/01/2024) melawan Jackson Withrow (Amerika Serikat)/Erin Routliffe (Selandia Baru).

"Kemarin Dila istirahat, memulihkan mental terutama. Hari ini mulai latihan ringan untuk persiapan mix besok." jelas coach Martin Setiawan.

Aldila Sutjiadi memiliki catatan bagus saat bermain di nomor ganda campuran. Tahun lalu, Aldila yang berduet dengan petenis Belanda, Matwe Middelkoop, berhasil melaju hingga babak semifinal Grand Slam Wimbledon dan Roland Garros.

Aldila Sutjiadi (kanan) dan Miyu Kato di Grand Slam Australian Open 2024