Di Era Pak Rildo, Semua Petenis Asian Games Indonesia Dapat Hadiah Rumah

ayotenis.comJakarta – Belum lekang dari ingatan kita, dibawah kepemimpinan Dr. Rildo Ananda Anwar, tenis Indonesia mengalami peningkatan prestasi yang signifikan. Kala itu tenis negeri ini berjaya di semua pesta olahraga multi event yang diikuti. Petenis-petenis kita berhasil menyabet medali emas pada Asian Games 2018, SEA Games 2019 dan SEA Games 2021 (digelar tahun 2022).

Boleh dikata era Pak Rildo adalah era Emas tenis Indonesia.

Sederet prestasi membanggakan itu tentu tak datang tiba-tiba, namun lewat usaha dan perjuangan yang panjang, melalui proses pembinaan dan latihan yang terprogram dengan baik. Tak cuma itu, perhatian pada semua atlet tenis juga menjadi salah satu faktor penting yang juga sangat mempengaruhi prestasi mereka. 

Ketua Umum (Ketum) Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP PELTI) periode 2017 - 2022 Dr. Rildo Ananda Anwar, paham hal tersebut. Ditengah kesibukannya sebagai petinggi di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR), Pak Rildo, demikian ia lebih akrab disapa, selalu meluangkan waktu hampir setiap hari datang untuk memantau langsung latihan timnas tenis Indonesia.

Selain memotivasi Christopher Benjamin Rungkat dan kawan-kawan, Pak Rildo juga menjadi bapak bagi para atlet yang selalu siap mendengar keluh kesah mereka. Kala itu hampir tak pernah terdengar keluhan dari anggota skuad tenis Merah Putih, sehingga mereka benar-benar bisa fokus berlatih, bertanding dan akhirnya mengukir prestasi.

Tidak berhenti hanya sampai disitu. Pak Rildo yang tahu benar dan ikut merasakan perjuangan para atlet, tak tinggal diam saat Aldila Sutjiadi dan kawan-kawan berhasil menorehkan prestasi, Pak Rildo mengapresiasi dengan memberi hadiah pada mereka.

"Asian Games 2018, saat kita berhasil memperoleh medali emas dari pasangan Mixed double Christo dan Aldila, mereka masing-masing mendapat dua rumah, dan untuk anggota tim Asian games lainnya, baik putra maupun putri mendapat satu rumah." tutur Pak Rildo saat dihubungi ayotenis.com (06/12/2023).

"Ini bentuk perhatian pengurus Pelti saat saya jadi Ketum dan pak Basuki menjadi penasehat Pelti." imbuh Mantan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian PUPR tersebut.

Hal itu selaras yang dikatakan oleh salah satu punggawa timnas tenis Indonesia di Asian Games 2018, M. Rifqi Fitriadi.

"Oleh Pak Rildo kami semua anggota Tim Asian Games diberi hadiah rumah di kota masing-masing." ujar Rifqi Fitriadi ketika dihubungi ayotenis.com beberapa waktu yang lalu.

Tenis Indonesia beruntung pernah dinahkodai oleh sosok yang sangat peduli dan cinta olahraga ini.

Pak Rildo saat Terima Penghargaan sebagai Pembina Olahraga Berprestasi dari Menpora