Duet UNESA Melesat ke Final POMNAS XVIII

ayotenis.comBanjarmasin – Duet wakil Jatim, M Al Furqon / M Shafi Dwi, sukses melangkahkan kaki ke babak akhir kategori ganda putra cabang olahraga (cabor) tenis Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke XVIII yang berlangsung di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 12 s/d 22 November 2023.

Kedua atlet mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (UNESA) itu berhak tampil di babak final, menyusul kemenangan yang mereka raih pada babak empat besar atas pasangan DKI Jakarta, Rifky Sukma Ramadhan Sumiarsa / Putu Agasi Pranata Nida.

Bertanding di Lapangan Tenis Dharma Praja Kota Banjarmasin, hari Minggu (19 November 2023), M Al Furqon / M Shafi Dwi yang pada POMNAS XVIII ini menempati posisi seeded kedua, menyudahi perlawanan pasangan unggulan ketiga itu dalam dua set langsung, 7-6(2), 6-1.

Pada partai final yang menurut jadwal bakal dipertandingkan hari Senin (20/11/2023). arek-arek Jatim itu harus bertarung menghadapi lawan yang lebih berat, yaitu pasangan unggulan kesatu, Jones Pratama / Rafli Feby Putra Tri Prasetyo dari DIY.

Pasangan ganda Kota Pelajar itu melenggang ke babak akhir setelah mereka memenangi partai semifinal atas wakil Jawa Barat, Attrial Ismail / Brilliant Prahadian, straight set 6-0, 6-1.

Hasil manis juga dipetik oleh atlet mahasiswa UNESA yang tampil di kategori ganda campuran dengan lolosnya duet Shada Noorfathya A / M Al Furqon ke babak semifinal.

Shada / Al Furqon yang pada POMNAS XVIII ini ditempatkan sebagai unggulan kedua, maju ke babak empat besar setelah mereka mengandaskan perlawanan wakil Jambi, Khana Amalia Rizky / M Tedy Sebastian.

Bertanding di Lapangan Tenis Dharma Praja Kota Banjarmasin, hari Minggu (19 November 2023), Shada / Al Furqon secara meyakinkan menekuk Khana Amalia Rizky / M Tedy Sebastian dengan kemenangan telak dua set langsung, 6-0, 6-3.

Menanggapai kesuksesan atlet mahasiswa UNESA di POMNAS XVIII ini, pembina tenis Unesa Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T., mengatakan, salah satu kunci keberhasilan Al Furqon dkk ini lantaran seringnya mereka berlatih bersama di kampus Lidah Wetan.

"Selain itu memang Al Furqon punya kelebihan bila bermain ganda, volley dan service-nya bagus, sementara Shafi punya kelebihan di groundstroke. Jadi mereka saling melengkapi. Pasangan ini beberapa waktu lalu juga berhasil menjadi juara di ITS Open." tutur Dr. Anung Priambodo kepada jurnalis tenisIndonesia.com, Shelline Eviani Shirly yang juga mahasiswa FIP PG PAUD UNESA (20/11).

"Untuk ganda mix, saya berharap Shada - Al Furqon juga bisa melangkah ke babak berikutnya. Mereka sering latihan bersama di UNESA sehingga cukup solid." tandas Pria yang juga menjabat sebagai pengurus PELTI Kabupaten Gresik tersebut.

Skuad tenis Jawa Timur di POMNAS XVIII