Tumbangkan Unggulan, Atlet-Atlet JITA Melesat ke Semifinal ITF J30 Jakarta

ayotenis.com, Jakarta – Atle-atlet binaan salah satu sekolah tenis terbaik di Indonesia, Jakarta International Tennis Academy (JITA), kembali tampil gemilang dan mencatatkan hasil bagus di ajang  ITF J30 Jakarta. Tiga dari lima atlet JITA yang berlaga di babak delapan besar, berhasil melaju ke semifinal.

Istimewanya, ketiga atlet tersebut maju ke babak empat besar setelah menumbangkan petenis-petenis unggulan yang menghadang mereka.

Ahmad Fauzan yang pada putaran pertama membuat kejutan dengan menundukkan petenis unggulan teratas, Oliver King dari Australia, di perempat final kembali mencetak kejutan dengan menjegal seeded kelima, Jahfal Muna Kanahaya dari Indonesia.

Bertanding di lapangan tenis The Sultan Hotel & Residence, Jakarta, Jumat (13/10/2023) siang WIB, Ozan, demikian sapaan akrab Ahmad Fauzan, secara perkasa menekuk Jahfal Muna dengan kemenangan dua set langsung, 6-1, 6-1.

Atlet JITA berikutnya yang melenggang ke semifinal tunggal putra turnamen bertajuk "Sportama Junior International Championships 2023" ini adalah Raphael Dandi Perwira Paska. 

Seperti halnya Ozan, Dandi juga harus menyingkirkan dua petenis unggulan sebelum lolos ke babak empat besar.

Di babak 16 besar, Dandi menghempaskan petenis unggulan keenam, Teetawat Tavachphongsri dari Thailand, 6-1, 7-6(3). Kemudian pada babak perempat final yang dipertandingkan hari ini (13/10), siswa SMA Krista Mitra Semarang itu membuat kejutan dengan membekuk seeded ketiga, Jason Halim dari Indonesia, 6-1, 6-7(7), 6-3.

Sayangnya, dua atlet besutan JITA itu harus saling berjibaku di semifinal untuk memperebutkan satu tiket ke babak puncak.

Peluang terciptanya laga "all JITA final" kandas setelah dua atlet JITA lainnya yang juga berlaga di kuarterfinal langkahnya terhenti.

Razan Dhawy Atmaja harus mengakui ketangguhan seeded keempat, Aldhito Ramadhan Dwi Kurniawan, 6-4, 2-6, 1-6, sementara langkah Rafalentino ali Da costa dihentikan oleh petenis unggulan kedua, Noah Karma dari Swiss, 1-6, 4-6.

Di sektor tunggal putri, atlet JITA  Cylova Zuleyka Hukmasabiyya makin berpeluang menyabet gelar juara beruntun selama dua pekan berturut-turut. 

Setelah minggu lalu tampil sebagai juara tunggal putri ITF J30 Widjojo Soejono di Surabaya, kini ia sukses melangkahkan kaki ke semifinal ITF J30 Jakarta.

Cylova berhak menggenggam tiket babak empat besar, setelah ia mencetak kejutan dengan menaklukkan petenis unggulan keenam, Stefi Marithe Aludo dari Filina, straight set 6-2, 6-3.

Berikutnya ia bakal bertarung kontra rekan senegaranya, Anjali Kirana Junarto yang memijakkan kaki ke semifinal usai mengandaskan perlawanan Tiara Naura Nur Azizah, 6-1, 6-1.

"Hasil quarterfinal, A Fauzan, Raphael Dandi, Cylova menang, sayang Razan Dhawy dan Rafalentino kalah." kata Founder dan owner JITA, Goenawan Tedjo Sutikno, saat dihubungi ayotenis.com (13/10/2023).

"Dandi 6-1, 6-7, 6-3, A Fauzan vs Jafal 6-1, 6-1." imbuh pria yang akrab disapa Om Goen itu.

Berikut hasil pertandingan babak perempat final ITF J30 Jakarta:

Tunggal Putra

Ahmad Fauzan (INA) Vs Jahfal Muna Kanahaya [5] (INA): 6-1, 6-1.

Jason Halim [3] (INA) Vs Raphael Dandi Perwira Paska (INA): 1-6. 7-6(7), 3-6

Razan Dhawy Atmaja [WC] (INA) Vs Aldhito Ramadhan Dwi Kurniawan [4] (INA):  6-4, 2-6, 1-6

Rafalentino ali Da costa (INA) Vs Noah Karma [2] (SUI): 1-6, 4-6

Tunggal Putri

Anjali Kirana Junarto [1] (INA) Vs Tiara Naura Nur Azizah (INA)6-1, 6-1

Cylova Zuleyka Hukmasabiyya (INA) Vs Stefi Marithe Aludo [6] (PHI): 6-2, 6-3

Shinar Zahra Shukayna Heriyadi Sunggoro [5] (INA) Vs Hau Ching Rosalyn Chan [4] (HKG): 3-6, 6-7(2)

Mischka Sinclaire Goenadi [8] (INA) Vs Anna Yang (CHN): 4-6, 1-6

Goenawan Tedjo Sutikno (kaos bertulis JITA)
bersama sejumlah atlet binaan JITA