Tumbangkan Unggulan Teratas, Atlet JITA Melaju ke Putaran 2 ITF J30 Jakarta

ayotenis.com, Jakarta – Kejutan mewarnai hari pertama perhelatan turnamen ITF J30 Jakarta, Selasa (10/10/2023). Langkah petenis unggulan teratas tunggal putra, Oliver King dari Australia, langsung kandas di putaran pertama. Ia ditumbangkan oleh petenis tuan rumah Ahmad Fauzan.

Ozan, demikian atlet binaan salah satu sekolah tenis terbaik di Indonesia, Jakarta International Tennis Academy (JITA) itu lebih akrab disapa, mempecundangi Oliver King dengan kemenangan dua set langsung, 6-1, 6-4.

Seperti telah kita ketahui bersama, Oliver King adalah juara International Junior Tennis Championship "ITF Widjojo Soejono" ke XL yang berlangsung di Kota Surabaya pada 03-10 Oktober lalu.

Menariknya, di turnamen legendaris itu Ozan juga bersua Oliver King. Kala itu mereka berduel di putaran kedua dan dimenangkan oleh Oliver King dengan skor 6-4, 6-3.

Dengan kemenangan di ITF J30 Jakarta ini, maka Ozan revan atas kekalahan dari petenis Negeri Kanguru itu di Kota Pahlawan pekan lalu.

Selain Ozan, atlet-atlet JITA lainnya juga melenggang mulus ke putaran kedua turnamen bertajuk "Sportama Junior International Championships 2023" ini.

Runner-up ITF J30 Surabaya, Raphael Dandi Perwira Paska, melaju ke putaran kedua setelah berhasil menghempaskan petenis China, Ruochen Gao, 0-6, 6-1, 6-2.

Rafalentino ali Da costa juga berhak mengantongi tiket putaran kedua usai menyingkirkan petenis Australia, Aleksander Franko, dengan kemenangan rubber set 6-3, 4-6, 6-3.

Sementara Razan Dhawy Atmaja yang bermain di babak utama dengan fasilitas wild card, juga membuat kejutan di putaran pertama. Ia berhasil mendepak petenis seeded ketujuh, Perawat Sukjai dari Thailand, straight set 7-6(4), 6-3.

Di sektor tunggal putri, Cylova Zuleyka Hukmasabiyya membuka peluang kembali menjadi juara seperti yang diraihnya di Kota Pahlawan pekan sebelumnya. 

Dara manis kelahiran tahun 2007 itu tanpa kesulitan berarti menjejakkan kaki ke putaran kedua, menyusul kemenangan yang dipetiknya atas petenis China, Jihan Li.

Bertanding di lapangan tenis The Sultan Hotel & Residence, Jakarta, Selasa (10/10/2023), Cylova memenangi pertarungan antar petenis non unggulan itu dengan angka 6-1, 6-3.

"Round 1 Sportama J30, A. Fauzan vs Oliver King 6-1, 6-4, Raphael Dandi, Rafalentino, Razan Dhawy, Cylova juga melaju ke round 2." kata Founder dan owner JITA, Goenawan Tedjo Sutikno, saat dihubungi ayotenis.com (10/10/2023).

Raphael Dandi Perwira Paska (paling kanan) bersama atlet JITA dan
founder & owner JITA coach Goenawan Tedjo Sutikno (paling kiri)