Tenis Asian Games: Aldila/Christo Buka Peluang Pertahankan Emas

ayotenis.com, Hangzhou  Salah satu Srikandi tenis andalan Negeri ini, Aldila Sutjiadi, mencatatkan hasil manis pada dua nomor yang diikutinya di ajang Asian Games 2022 yang tengah berlangsung di Hangzhou, China.

Dila, begitu atlet cantik kelahiran tahun 1995 itu lebih akrab disapa, mencatatkan kemenangan di sektor ganda campuran dan ganda putri, pada laga yang dipertandingkan Senin (25/09/2023).

Di nomor ganda campuran, Dila kembali tampil berpasangan dengan Christopher Rungkat. Duet ini berstatus juara bertahan lantaran mereka adalah peraih emas pada perhelatan Asian Games 2018 yang diadakan di Jakarta-Palembang.

Dila dan Christo, begitu sapaan karib Christopher Rungkat, tanpa kesulitan berarti berhasil melewati hadangan pertama mereka, yaitu pasangan Nepal, Abhilasha Bista/Abhisek Bastola.

Bertanding di Hangzhou Olympic Sports Centre, Dila/Christo yang di Asian Games kali ini menempati posisi seeded kelima, secara perkasa melumat Abhilasha/Abhisek dengan kemenangan telak dua set langsung, 6-0, 6-0. Kemenangan ini memastikan duo Merah Putih melenggang ke babak 16 besar.

Di putaran berikutnya, Dila/Christo bakal bersua pemenang laga antara Ushna Suhail/Aisam-ul-Haq Qureshi dari Pakistan melawan Peangtam Plipuech/Pruchya Isaro asal Thailand, untuk memperebutkan satu tiket babak perempat final.

Dila tak hanya menuai hasil bagus di nomor ganda campuran. Putri Indriatno Sutjiadi itu juga menorehkan hasil positif di sektor ganda putri.

Dila yang berduet dengan petenis muda harapan Indonesia, Janice Tjen, sukses melaju ke putaran kedua setelah menghempaskan pasangan Uzbekistan, Akgul Amanmuradov/Sevil Yuldasheva.

Berjibaku di di Hangzhou Olympic Sports Centre, Dila/Janice mempecundangi Akgul/Sevil straight set 6-2, 6-4.

Seperti halnya Dila, Janice juga memetik hasil menggembirakan di dua nomor yang diikutinya. Selain melesat di sektor ganda, Janice juga melaju mulus di nomor tunggal.

Tampil di babak kedua, Janice mendepak wakil Kazakhstan, Gozal Ainitdova, dalam dua set langsung, 6-1, 6-2.

David Susanto/Jessy Rompies yang berlaga di nomor ganda campuran juga berhak maju ke babak 16 besar setelah mereka menjungkalkan wakil Kazakhstan, Popko Dmitry/Zhanel Rustemova, 6-4, 6-2.

Di sektor tunggal putra, langkah Justin Barki terhenti di babak kedua, menyusul kekalahan yang dideritanya dari petenis andalan tuan rumah, Wu Yibing.

Justin harus mengakui ketangguhan wakil Negeri Tirai Bambu itu dengan skor, 5-7, 1-6.

Hasil tak jauh berbeda juga dituai ganda putra Nathan Barki/Christopher Rungkat. Langkah mereka kandas setelah takluk pada duet Thailand, Pruchya Isaro/Maximus Parapol Jones.

Nathan/Christo kalah setelah bertarung ketat rubber set, dengan kedudukan akhir 3-6, 6-3, 7-10.

Anthony Susanto/David Susanto, juga harus memupus harapan mereka untuk lebih jauh berkiprah di nomor ganda putra. Pasangan kakak beradik itu menelan kekalahan dari ganda India, Saketh Myneni/Ramkumar Ramanathan, 3-6, 2-6.

Aldila Sutjiadi (tengah) dan Christopher Rungkat
bersama tokoh tenis Indonesia Dr. Rildo Ananda Anwar