Tennis Asian Games: Aldila/Janice Persembahkan Medali Bagi Indonesia

ayotenis.com, Hangzhou  Duo Srikandi tenis andalan Negeri kita, Aldila Sutjiadi dan Janice Tjen, sukses mempersembahkan medali bagi Indonesia dari ajang Asian Games 2022 (yang diadakan pada tahun 2023 ini), yang tengah berlangsung di Hangzhou, China.

Dila dan Janice, demikian Aldila Sutjiadi dan Janice Tjen lebih akrab disapa, memastikan diri maju ke semifinal nomor ganda putri cabor tenis.

Tiket babak empat besar berhak dikantongi oleh Dila/Janice, menyusul kemenangan yang mereka petik di perempatfinal atas pasangan Korsel, Yeonwoo Ku/Sohyun Park.

Bertanding di Hangzhou Olympic Sports Centre, Rabu (27/09/2023) petang WIB, Dila/Janice menghempaskan duet Negeri Ginseng itu dalam dua set langsung, 6-2 6-4.

Sebelum berlaga di kuarterfinal, di babak sebelumnya Dila/Janice membuat kejutan dengan berhasil menjungkalkan pasangan unggulan keempat, Peangtarn Plipuech/Luksika Kumkhum dari Thailand.

Seperti telah kita ketahui bersama, pasangan Negeri Gajah Putih itu adalah peraih emas pada SEA Games 2023 di Kamboja beberapa waktu lalu.

Berikutnya di babak semifinal, Dila/Tjen bakal berjibaku kotra lawan tangguh, yaitu pasangan unggulan kedua, Chan Hao Ching/Chan Y dari Republik Tiongkok.

Sayangnya, langkah manis Dila/Janice tak diikuti duet rekan senegara mereka, Jessy Rompies/Beatrice Gumulya.

Eci dan Bea, demikian Jessy Rompies / Beatrice Gumulya lebih sering dipanggil, sejatinya juga melaju ke babak delapan besar. Namun langkah mereka dihentikan oleh pasangan Korsel lainnya, Daeyon Back/Jeon Boyoung.

Pada laga yang dipertandingkan Rabu (27/09/2023) siang WIB, Bea/Eci takluk dari Daeyon /Jeon, 6-4, 6-7(4), (4-10).

Dengan hasil tersebut, Dayeon Back/Jeon Boyoung berhak tampil di babak semifinal, dan akan bersua wakil Republik Tiongkok, En Shuo Liang/Ya Hsuan Lee.

Hasil-hasil perempatfinal ini juga memastikan, Dila/Janice, Chan Hao Ching/Chan Y, Dayeon Back/Jeon Boyoung dan En Shuo Liang/Ya Hsuan Lee meraih medali ganda putri tenis Asian Games 2020. Tinggal kita nantikan saja siapa yang berhak menerima pengalungan medali emas, perak dan perunggu.

Janice Tjen (kiri) dan Aldila Sutjiadi
bersama tokoh tenis Indonesia Rildo Ananda Anwar