Atlet Binaan President Junior Tennis Club Kediri Ukir Prestasi di Kejurnas Tugu Muda

ayotenis.com, Kediri – Salah satu petenis yunior binaan Klub President Junior Tenis Kediri, yaitu Ahmad Zulfan Dwi Sadewa, sukses menorehkan prestasi di ajang bergengsi kejuaraan nasional tenis yunior "Tugu Muda" yang digelar di Kota Semarang, Jawa Tengah, mulai tanggal 12 sd 17 Juni 2023.

Zulfan, demikian sapaan akrab atlet tenis belia asal Kabupaten Kediri itu, berhasil menjadi finalis nomor tunggal putra KU 12 tahun. Tak hanya itu, berpasangan dengan Mohammad Naufal Attaqi dari Sampang Madura, Zulfan juga berhasil menyabet medali sektor ganda putra pada kelompok umur yang sama.

Berikut adalah perjalanan Zulfan menggapai babak final salah satu kejurnas tenis legendari tersebut. Mendapat bye di babak pertama, Zulfan berjibaku kontra atlet tenis asal Padang, Sumatera Barat, Rayhan Afifi, dan menang dengan skor 4-3(3), 4-0. Berikutnya di babak 32 besar, Zulfan bersua petenis Bali, Gede Indra Surya, dan lagi-lagi menang straight set 4-2, 4-3(5). Di babak 16 besar, Zulfan bertemu Ikhwan Nabil asal Tegal, Jawa Tengah, dan menang dengan angka 4-2, 4-1.

Selanjutnya di babak perempatfinal, Zulfan berhasil menyisihkan petenis dari Kota Bandung, Jawa Barat, Andrian Leonil. Ia menang dengan skor 4-0, 5-3. Dengan kemenangan itu, Zulfan berhak tampil di babak semifinal dan berjumpa atlet muda asal Bekasi, Jawa Barat, Reaven Rio. Zulfan tanpa kesulitan berarti berhasil mengandaskan perlawanan petenis yang berlatih di Jawa Tengah itu dengan kemenangan dua set langsung, 4-2, 4-0. Dengan hasil ini, Zulfan berhak mengantongi tiket babak puncak. 

Pada laga final yang dimainkan hari Sabtu (17/06/2023), Zulfan bertanding menghadapi petenis muda asal Bali, Komang Bagus Wahyu. Namun sayang, kali ini ia harus mengakui keunggulan Komang dengan skor 1-4, 2-4.

Menanggapai hasil yang dipetik oleh atlet besutannya, Suyanto, selaku kepala pelatih sekaligus pemilik klub President Junior Tenis Kediri mengatakan, keberhasilan Zulfan di turnamen ini adalah buah latihan keras yang selama ini dijalankan.

"Masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi agar kedepannya Zulfan dapan mengukir prestasi lebih tinggi lagi." ujar Suyanto kepada ayotenis.com.

Sementara itu Zulfan kepada ayotenis.com mengatakan, gelar juara ini dipersembahkan bagi ibunda tercintanya yang pada saat bertanding kondisinya kurang sehat. Ia menambahkan bila title kampiun ini juga dipersembahkan untuk sekolahnya yang telah memberi izin walaupun disaat bersamaan, Siswa kelas IV SDN Wates kabupaten Kediri itu semestinya harus mengikuti ujian akhir semester genap.

Ahmad Zulfan Dwi Sadewa