Aldila Sutjiadi Melaju ke Putaran 3 Grand Slam Australian Open

ayotenis.comMelbourne, Australia – Ratu tenis Indonesia, Aldila Sutjiadi (28), dan pasangan gandanya, Miyu Kato asal Jepang (28), belum terbendung dan meneruskan langkah impresif mereka pada lanjutan kejuaraan tenis profesional Grand Slam Australia Terbuka 2023 yang tengah bergulir di Kota Melbourne. Duo gado-gado itu sukses melangkahkan kaki mereka ke putaran ketiga atau babak 16 besar, salah satu turnamen tenis paling prestisius se jagad ini.

Dila / Miyu, demikian Aldila Sutjiadi dan Miyu Kato lebih kerap disapa, berhak menggenggam tiket putaran ketiga nomor ganda putri, menyusul kemenangan yang mereka bukukan di babak 32 besar atas sesama pasangan gado-gado, Camila Osorio dari Kolombia dan Marie Bouzkova asal Ceko.

Pada laga yang dipertandingkan Jumat (20/01/2023) sore waktu setempat atau siang WIB, Dila / Miyu yang pada ajang ini didaulat sebagai unggulan ke 16, harus berjuang selama tiga set sebelum bisa menyingkirkan Camila Osorio / Marie Bouzkova.

Menang relatif mudah 6-3 di set pembuka, Dila / Miyu harus mengakui keunggulan lawan dengan skor tipis 6-7(4) di set kedua. Skor berimbang memaksa pertandingan harus dituntaskan dengan memainkan set penentu.

Tak ingin kecolongan seperti pada set kedua, Dila / Miyu terlihat berusaha menekan lawan sejak awal set ketiga dipertandingkan. Usaha mereka sepertinya cukup membuahkan hasil dengan mampu mendominasi jalannya laga. 

Akhirnya pasangan Asia menggembok set ketiga dengan skor 6-3 sekaligus memastikan tiket putaran ketiga sektor ganda putri Australia Open 2023.

Selanjutnya, Dila / Miyu akan bertarung menghadapi pemenang prtandingan antara duet seeded kedua, Coco Gauff / Jessica Pegula (Amerika Serikat) kontra pasangan Wild Card, Wang Xinyu (China) / Moyuka Uchijima (Jepang).

Hingga berita ini kami rilis, pertandingan antara Coco Gauff / Jessica Pegula Vs Wang Xinyu / Moyuka Uchijima belum digelar.

"Puji Tuhan,  Ganda Aldila/Miyu berhasil melaju ke R-16 (babak ke-3) di AO." kata Indriatno Sutjiadi, ayahanda Dila dalam keterangan yang diterima ayotenis.com dan tenisIndonesia.com beberapa saat setelah laga berakhir.

"Terima kasih atas dukungannya." pungkasnya.

Sekedar mengingatkan, di putaran pertama Dila / Miyu berhasil menjegal langkah pasangan gado-gado, Kaitlyn Christian (Amerika Serikat) / Danka Kovinic (Montenegro). 

Pada pertandingan yang digeber di Kota Melbourne, Kamis (19/01/2023) siang waktu setempat atau pagi WIB, Dila / Miyu mempecundangi Kaitlyn Christian / Danka Kovinic dalam dua set langsung, 7-6(2), 6-2.

Aldila Sutjiadi (kanan) dan Miyu Kato Melaju ke Putaran 3 Grand Slam Australia Terbuka