Jawa Timur Juara Umum Cabor Tenis POMNAS 2022

ayotenis.com, Padang – Atlet-atlet mahasiswa Jatim yang berlaga di cabor tenis Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2022 sukses menorehkan prestasi membanggakan. Arek-arek Jawa Timur tersebut tampil sebagai juara umum pada ajang yang berlangsung di Padang, Sumatera Barat itu, setelah mereka berhasil meraih 3 medali emas.

Medali emas pertama bagi kontingen Jatim dari cabor tenis dipersembahkan oleh duet atlet binaan Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PELTI) Jember, yaitu Fauzia Azahro dan Chofifah Indar Paraswati yang turun di sektor ganda putri.

Dua mahasiswi yang kebetulan sama-sama berkuliah di Universitas Jember (UNEJ) itu, berhak menerima pengalungan medali emas setelah mereka memenangi laga final melawan wakil Jabar, Aurellia Azzahra Putri/Dea Arya Dita Cahya. 

Pada pertandingan yang digelar di lapangan 5 GOR Universitas Negeri Padang (UNP), Selasa (22/11/2022) siang WIB, Usi/Ofi yang pada POMNAS kali ini menyandang status non unggulan, secara mengejutkan berhasil menundukkan Aurellia/Dea Arya yang ditempatkan sebagai seeded keempat lewat pertarungan dua set langsung, 6-0, 6-3.

Tak berselang lama, Arian Rangga Desvianto yang bermain di nomor tunggal putra, menambah perbendaraan medali bagi kontingen Jatim. Atlet asal Kota Surabaya itu sukses meraih emas.

Titel kampiun berhak disandang oleh Arian Rangga, menyusul kemenangan yang dipetiknya di babak puncak atas wakil Jateng, Lucky Candra Kurniawan.

Pada duel yang dipertandingkan Selasa (22/11/2022) siang WIB, bertempat di lapangan 6 GOR UNP, Arian mempecundangi petenis nasional itu lewat pertarungan sengit selama tiga set. Arian Rangga yang pada kejuaraan ini ditempatkan sebagai seeded kelima, menekuk Lucky Candra yang merupakan unggulan teratas dengan angka tipis, 7-6(4), 4-6, 7-6(3).

Pundi-pundi emas Jatim semakin bertambah usai duet Shada Nur Fatiya/M Al Furqon mampu menyabet medali emas dari sektor ganda campuran.

Shada/Al Furqon Naik ke podium tertinggi setelah mereka membuat kejutan dengan berhasil menghempaskan pasangan seeded kedua, Laili Rahmawati Ulfa/Tegar Abdi Satrio Wibowo.

Berjibaku di lapangan 6 GOR UNP, Selasa (22/11/2022) petang WIB, Shada/Al Furqon yang menempati posisi unggulan keempat, menekuk wakil Jateng itu lewat pertarungan rubber set yang berkesudahan dengan skor 63, 36, (3).

"Alhamdulillaah, Jatim akhirnya menjadi juara umum cabor tenis POMNAS 2022 ini." tutur Prof. Dr. Ir. Soetriono, M.P., koordinator cabor tenis Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (BAPOMI) Jawa Timur.

"Ini pencapaian yang luar biasa karena awalnya kita target hanya tiga medali, yaitu emas, perak dan perunggu. Namun kenyataannya kita mampu membawa pulang tiga emas dari nomor tunggal putra, ganda putri dan ganda campuran." urai Pria yang saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Pertanian Universitas Jember (Unej) itu.

Kontingen Jatim Juara Umum Cabor Tenis POMNAS 2022