Kuala Lumpur Open Leg 3: Ganyang Unggulan 4, Rama Melesat ke Perempatfinal

tenisIndonesia.comKuala Lumpur – Kejutan besar dibukukan oleh salah satu petenis putra andalan Indonesia, Rifky Sukma Ramadhan Sumiarsa, yang tengah berkiprah di turnamen "Kuala Lumpur Open Tennis Championship 2022" Leg 3.

Rama, begitu Rifky Sukma Ramadhan Sumiarsa biasa disapa, sukses menjejakkan kaki ke babak delapan besar kejuaraan tenis yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, mulai 28 September s/d 3 Oktober 2022 ini.

Yang menarik, tiket kuarterfinal berhak dikantongi oleh anggota skuad tenis PON Jabar 2021 itu, setelah ia berhasil menjungkalkan dua petenis unggulan yang menghadangnya.

Pada putaran pertama, Rama berhasil menghempaskan Joshua Peng Boon Tan dengan kemenangan telak straight set, 6-0, 6-0. Berikutnya di putaran kedua, petenis yang pada bulan Agustus lalu tepat berumur 20 tahun itu, mencetak kejutan dengan berhasil mempecundangi seeded ke 15, Syed Uzair Sufi Syed Ibrahim dari Selangor, juga dengan kemenangan telak dua set langsung 6-2, 6-0.

Pada putaran ketiga, Rama kembali memperlihatkan kedigdayaannya dengan menumbangkan petenis unggulan keempat, Ashaari Zainal dari Kuala Lumpur, lagi-lagi hanya dalam dua set, 6-1, 7-5.

Selanjutnya di perempatfinal nanti, Rama yang pada turnamen ini tak diunggulkan, bakal kembali berduel menghadapi petenis unggulan, yaitu Mohd Farhannuddin yang di putaran ketiga menjegal seeded ketujuh, Syed Mohd Ariffin. 

Mohd Farhannuddin mengandaskan perlawanan kompatriotnya itu lewat pertarungan rubber set yang berkesudahan dengan skor 3-6, 6-1, 6-0.

Akan tetapi sayangnya laju mulus Rama tak diikuti oleh rekan senegaranya, Claudio Renardi Lumanauw, yang juga berkiprah di turnamen ini.

Setelah memetik kemenangan meyakinkan dua set langsung 6-0, 6-1 atas petenis tuan rumah, Mohd Ali Imran, Dio begitu panggilan akrab Claudio Renardi Lumanauw, harus langsung bersua petenis unggulan kedua, Koay Hao Sheng. 

Sempat memberi perlawanan cukup berarti, Dio akhirnya harus mengakui keunggulan Koay Hao Sheng dengan angka 3-6, 2-6.

Di Kuala Lumpur Open Tennis Championship 2022 Leg 3 ini, Rama dan Dio tak hanya turun di nomor tunggal. Keduanya juga bakal berlaga di sektor ganda putra serta tampil berpasangan.

Pada putaran pertama, duet Merah Putih tersebut akan berjibaku menghadapi pasangan unggulan keempat, Christian Oliver Lee/Liu Hui Retallick.

"Selain bermain di nomor tunggal, saya dan Rama juga akan tampil di sektor ganda." ujar Dio saat dihubungi Shirly Arayana Megatama mahasiswi Jurnalistik Fikom Universitas Padjadjaran, Kamis (29/09).

UPDATE: Rama/Dio takluk pada Christian Oliver/Liu Hui setelah bertarung ketat selama tiga set dengan skor akhir 4-6, 7-5, 5-10.

Claudio Renardi Lumanauw (kiri) dan Rifky Sukma Ramadhan Sumiarsa