Skuad Tenis Yunior Indonesia Jadi Tim Terbaik di Asia Tenggara. Ketum PP PELTI: Prestasi kalian membanggakan..

ayotenis.com, Jakarta – Prestasi mengagumkan dicetak oleh petenis-petenis belia Indonesia yang berkiprah pada ajang "2022 ITF Asia 12 & Under South East Asia (SEA) Team Competition" yang digeber di Nonthaburi, Thailand, mulai tangal 18 s/d 22 Juli 2022. Tim nasional (Timnas) tenis yunior putra U12 Merah Putih menempati puncak klasmen akhir dan berhasil menjadi juara pertama.

Titel kampiun berhak disandang oleh Rafalentino Ali Da Costa dan kawan-kawan, setelah mereka secara meyakinkan menghempaskan semua lawan yang dihadapi tanpa terkecuali tim tuan rumah, Thailand.

Diawali pada pertandingan perdana yang dihelat hari Selasa (19 Juli 2022), Timnas tenis yunior Indonesia berhasil menekuk skuad belia Myanmar dengan skor 2-1.

Kedigdayaan timnas tenis Merah Putih makin menjadi kala mereka melakoni pertandingan kedua dan ketiga yang berlangsung pada hari Rabu (20 Juli 2022). 

Pada laga kedua, Titouan Ichsan Raymond Parrod dan teman-teman tanpa ampun melibas tim Kamboja dengan kemenangan telak 3-0. Seakan belum puas dengan hasil itu, pada pertandingan ketiga timnas tenis Indonesia dengan perkasa menjungkalkan skuad belia Malaysia juga dengan skor telak 3-0 tanpa balas.

Puncak penampilan gemilang tim tenis Garuda muda adalah ketika harus berjibaku kontra skuad Thailand. Walaupun harus bertarung menghadapi tim tuan rumah, akan tetapi Rafalentino Ali Da Costa mampu bermain bagus dan pantang menyerah.

Kendati harus tertinggal terlebih dahulu 0-1 usai tunggal kedua Raihan Somantri dikalahkan tungal kedua Thailand Tri Srisen 4-6, 3-6. Akan tetapi skuad Merah Putih langsung bangkit menyusul kemenangan yang dipetik oleh tunggal pertama Rafalentino Ali Da Costa atas tunggal utama Thailand, Phasin Sinchalong, straight set 7-5, 6-2.

Kedudukan berimbang sama kuat 1-1 menjadikan partai ketiga yang memainkan sektor ganda menjadi laga penentu. 

Pelatih sekaligus Kapten Revel Yehezkia memberi kepercayaan pada Rafalentino Ali Da Costa dan Titouan Ichsan Raymond Parrod untuk tampil menghadapi pasangan ganda Negeri Gajah Putih, Dharma Pantaratorn dan Tri Srisen.

Unggul 6-2 di set pertama, Rafalentino/Titouan sedikit lengah di set berikutnya. Kesempatan itu pun dimanfaatkan dengan baik oleh duo Thailand dengan menggembok set kedua 6-7(5).

Tak ingin kembali kecolongan, Rafalentino/Titouan mencoba kembali fokus dan tampil solid di set ketiga yang menggunakan format super tie break itu. Bermain apik dan kompak, pasangan andalan Merah Putih cukup mendominasi jalannya set penentu. Rafalentino/Titouan pun akhirnya berhasil menutup set tersebut dengan skor 10-5 untuk sekaligus memastikan kemenangan timnas Indonesia atas skuad Thailand 2-1. 

Kemenangan atas timnas tenis yunior Thailand tersebut juga memastikan skuad tenis Garuda muda berhak menduduki puncak klasmen akhir "2022 ITF Asia 12 & Under South East Asia (SEA) Team Competition".

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PELTI) Dr. Rildo Ananda Anwar, S.H.,M.H., bangga atas prestasi cemerlang yang diukir oleh petenis-petenis muda masa depan Negeri ini yang tergabung dalam timnas tenis putra U12 Indonesia.

"Selamat untuk anak-anak, prestasi kalian membanggakan." tutur Dr. Rildo Ananda Anwar ketika dihubungi ayotenis.com dan tenisIndonesia.com, (22/07).

"Terus berlatih, ini awal dari prestasi dan menjadi semangat untuk di turnament yang akan datang." pungkas Pria yang juga menjabat sebagi staf khusus Menteri PUPR dan Ketua Dewan Pengawas (Dewas) Perumnas tersebut.

Video Detik-detik Kemenangan Timnas Tenis Yunior Indonesia atas Thailand: