Merangkak dari Kualifikasi Petenis Belia Asal Semarang Sukses Torehkan Prestasi di Thailand

ayotenis.com, Nonthaburi, Thailand – Prestasi apik sukses diukir oleh salah satu petenis yunior masa depan Negeri ini, Rafael Jose Soesilo Lauw yang berhasil menjejakkan kaki hingga babak empat besar nomor tunggal putra kejuaraan tenis LTAT Asian 14 & Under C2 (3) 2022 yang berlangsung di Nonthaburi, Thailand, 2 s/d 8 Juli 2022.

Yang menarik, Rafa, begitu pangilan akrab Rafael Jose Soesilo Lauw, harus berjuang dari babak kualifikasi dan kemudian menyisihkan para petenis unggulan yang menghadangnya di babak utama, sebelum akhirnya ia berhasil melaju ke semifinal.

Di babak kualifikasi, Rafa secara meyakinkan membekuk petenis Maladewa, Muhammad Nooh Nazih, dengan kemenangan straight set 6-2, 6-1.

Berikutnya di putaran pertama Main Draw, petenis muda asal Kota Semarang itu menghempaskan salah satu wakil tuan rumah, Napradh Lalai.

Berlaga di lapangan 6 Teerapat Sungkaworn, hari Minggu (03 Juli 2022), Rafa melibas petenis wild card itu dengan angka 6-2, 7-5.

Berhasil menjegal Napradh Lalai, Rafa harus berjibaku menghadapi lawan tangguh, yakni petenis unggulan kedelapan, Minh Tran Duc dari Vietnam yang melangkah ke putaran kedua setelah berhasil menundukkan petenis tuan rumah lainnya, Matus Thongbundit, 6-1, 6-0.

Berduel di lapangan 7 Teerapat Sungkaworn, hari Selasa (05 Juli 2022), Rafa mengalahkan Minh Tran Duc dalam dua set langsung 7-5, 6-4.

Berhasil menjungkalkan Minh Tran Duc, Siswa Bina Bangsa School Semarang itu pun berhak menggenggam tiket kuarterfinal. Akan tetapi Rafa harus kembali bertarung menghadapi lawan tangguh, kali ini seeded 4 Benjamin Sienghen yang di babak sebelumnya berhasil mengandaskan perlawanan Allen Leong, 6-2, 6-1.

Pada babak perempatfinal yang dimainkan di lapangan 5 Teerapat Sungkaworn, hari Rabu (06 Juli 2022), Rafa harus bertarung ketat sebelum bisa menaklukkan petenis Negeri Gajah Putih itu.

Menang 7-5 di set pertama, Rafa harus mengakui keunggulan Benjamin 5-7 di set berikutnya. Pada set penentu, Remaja tampan kelahiran bulan Desember itu tampil lebih menekan dan tidak memberi kesempatan pada Teerapat Sungkaworn untuk mengambangkan permainannya. Rafa pun berhasil mendominasi jalannya pertandingan set ketiga. Ia akhirnya sukses mengunci set tersebut dengan keunggulan 6-2 untuk sekaligus memastikan tiket babak semifinal dalam genggamannya.

Akan tetapi langkah impresif Rafa akhirnya kandas di babak semifinalr setelah ia harus mengakui ketangguhan petenis Jepang, Kenta Arai.

"Tentunya senang bisa berkompetisi dengan beberapa pemain dari luar negeri." ujar Rafa ketika dihubungi Shirly Arayana Megatama dari ayotenis.com dan tenisIndonesia.com, Jumat (08/07).

"Selain untuk mengukur kemampuan juga bisa semakin mengasah kelebihan dan kekurangan permainan saya dibandingkan petenis-petenis dari negara lain." imbuh Rafa sebelum mengakhiri perbincangannya.

Video Rafael Jose Soesilo Lauw | Tennis | LTAT Asian 14 & Under C2 | Nonthaburi, Thailand: