Aldila Sutjiadi Beberkan Rahasia Sukses Menangi Final SEA Games Hanoi

ayotenis.com, Hanoi  – Seperti telah kita ketahui bersama, duet andalan Merah Putih, Aldila Sutjiadi / Christopher Rungkat kembali sukses mengukir prestasi gemilang di ajang pesta olahraga multi event. Setelah sebelumnya berhasil menyabet emas ganda campuran pada Asian Games 2018, SEA Games 2019 dan PON XX Papua, yang teranyar Aldila / Christo, demikian sapaan akrab Aldila Sutjiadi / Christopher Rungkat, memboyong emas nomor yang sama di SEA Games XXXI Hanoi.

Duo Garuda itu berhak menerima pengalungan medali emas, menyusul kemenangan yang mereka cetak di babak pamungkas atas pasangan Thailand, Pruchya Isaro / Patcharin Cheapchandej.

Berjibaku di Hanaka Paris Ocean Park Bac Ninh, Jumat (20/05/2022) petang WIB, duet Negeri Gajah Putih itu mampu mengungguli Aldila / Christo dengan skor tipis 6-7(7) pada set pembuka.

Tertinggal, Aldila / Christo yang pada SEA Games kali ini ditempatkan sebagai unggulan teratas, mencoba bangkit dengan memberi perlawanan lebih berarti pada Isaro / Patcharin.  Akibatnya, pasangan Thailand jadi sering membuat kesalahan sendiri. Aldila / Christo mampu memanfaatkan momentum dengan baik, mereka pun cukup mendominasi jalannya laga set kedua dan menguncinya dengan kemenangan 6-2.

Kedudukan berimbang memaksa digelarnya set ketiga untuk menentukan pasangan mana yang berhak membawa pulang medali emas.

Aldila / Christo yang sudah menemukan bentuk permainan terbaik mereka, semakin solid di set ketiga yang menggunakan fotmat super tie break itu. Akhirnya Aldila / Christo berhasil menggembok set penentu dengan skor 10-5 untuk sekaligus menyumbang medali emas bagi Indonesia.

"Kita bermain dengan stabil dari awal sampai akhir. Di set 2 kita bisa terus unggul dan akhirnya lawan melakukan banyak kesalahan." ungkap Aldila saat dihubungi ayotenis.com (20/05).

"Di set 3 kita tetap positif dan bermain tenang point by point." imbuh petenis yang akan tampil di turnamen grand slam Perancis Terbuka 2022 bersama atlet Jepang, Miyu Kato tersebut.

Sebelum tampil di babak akhir, di semifinal Aldila / Christo terlebih dahulu menyingkirkan pasangan rekan senegara Pruchya Isaro / Patcharin Cheapchandej, yakni Luksika Kumkhum / Kasidit Samrej.

Bermain di Hanaka Paris Ocean Park Bac Ninh, Kamis (19/05/2022) petang WIB, Aldila / Christo menjungkalkan pasangan seeded keempat itu juga lewat laga tiga set yang berakhir dengan angka, 6-7(5), 6-1, (10-4).

Sementara Pruchya Isaro / Patcharin Cheapchandej yang merupakan unggulan ketiga, di babak empat besar membuat kejutan dengan berhasil menaklukkan duet seeded kedua, Alexander Eala / Treat Huey.

Bertanding di arena yang sama dan dalam waktu yang tak berselang lama dengan partai antara Aldila / Christo Vs Kumkhum / KasiditIsaro / Patcharin menumbangkan pasangan Filipina itu lewat pertarungan rubber set berkedudukan akhir 3-6, 6-3, (10-4) 

Video Highlights Final Ganda Campuran SEA Games Hanoi antara Aldila Sutjiadi / Christopher Rungkat Vs Pruchya Isaro / Patcharin Cheapchandej: