Kalahkan Denis Shapovalov, Rafael Nadal Melaju ke Semifinal Australian Open 2022

ayotenis.com, Melbourne - Rafael Nadal harus berjuang keras selama lima set, sebelum dapat menyingkirkan Denis Shapovalov untuk memastikan diri melangkah ke babak semifinal turnamen tenis grand slam Australia Terbuka 2022.

Berduel di Rod Laver Arena, Selasa (25/01/2022) siang WIB, Nadal yang pada turnamen ini ditempatkan sebagai unggulan keenam, tanpa kesulitan berarti berhasil memborong dua game pertama, 6-3, 6-4 untuk unggul 2-0 atas petenis Kanada itu.

Tertinggal 0-2, Denis mencoba bangkit. Usahanya nampaknya tidak sia-sia. Petenis unggulan ke 14 itu mampu membalas dengan memborong dua game beruntun, 6-4, 6-3, untuk menyamakan keadaan menjadi berimbang 2-2.

Kedudukan sama kuat memaksa digelarnya set kelima untuk menentukan petenis yang berhak maju ke babak empat besar.

Nadal yang unggul pengalaman, mampu mendominasi jalannya game kelima. Petenis Spanyol itu pun berhasil mengunci set penentu dengan skor 6-3.

Berikutnya di babak semifinal salah satu turnamen tenis paling akbar di muka bumi tersebut, Nadal bakal berjibaku menghadapi pemenang partai perempatfinal lainnya yang mempertemukan antara unggulan ketujuh, Matteo Berrettini asal Italia melawan unggulan ketujuh belas, Gael Monfils dari Prancis.

Menanggapi kemenangan Nadal, pengamat sekaligus salah satu legenda hidup tenis Indonesia, Hadiman, berharap agar semangat juang Nadal dapat ditiru oleh petenis-petenis muda Indonesia.

"Saya pikir Nadal kelelahan, kalah fisik. Ternyata set 5 bisa menang, berarti keren, bisa mengatur tenaga dan strategi yang tepat. Semoga dapat diconoh oleh para petenis muda Indonesia." tutur coach Hadiman saat dihubungi tenisIndonesia dan ayotenis.com (25/01)

Hasil-hasil pertandingan dan Info turnamen tenis terkini lainnya dapat disimak di tenisIndonesia

Rafael Nadal (kanan) bersama coach Hadiman