98 Petenis Muda Siap Berlaga di RemajaTenis Jakarta ke 98

ayotenis.com, Jakarta, – Sebanyak 98 petenis muda, baik putra maupun putri siap berlaga untuk menjadi yang terbaik dalam RemajaTenis Jakarta ke 98 yang akan digelar mulai 26 - 28 November 2021 di lapangan tenis Marinir Cilandak Jakarta. Ini menunjukkan bila tenis masih tetap eksis dalam kegiatan olahraga pada umumnya.

Tak hanya dari pulau Jawa, turnamen ini diikuti juga oleh sejumlah petenis dari berbagai daerah di penjuru Nusantara, antara lain Sulawesi Utara, Bali, Bangka Belitung dan Kalimantan Selatan.

Secara khusus Pelti Sulawesi Utaramemanfaatkan ajang ini sebagai sarana try out bagi atlet binaan mereka. Tercatat 7 atlet Pelti Sulut yang babal berkiprah di RemajaTenis 98, antara lain Giovany R Lumenta dan Gratia Nahor.

Sedangkan peserta lainnya selain dari Ibu Kota, datang dari Bandung, Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Tangerang, Tangerang Selatan, Serang.

Tak jauh berbeda dengan penyelanggaraan sebelumnya, RemajaTenis Jakarta ke 98 mempertandingkan Tunggal putra dan putri kelompok umur 10 tahun, 12 tahun, 14 tahun, dan 18 tahun.

RemajaTenis adalah salah satu kegiatan turnamen khusus yunior yang tetap eksis di pertenisan nasional sejak tahun 2009 sampai sekarang. Kunci rahasia keberhasilan RemajaTenis mampu bertahan hingga saat ini adalah berkat kerjasama yang telah dibina oleh August Ferry Raturandang selaku promotornya dengan orang tua petenis. Hal ini patut diikuti oleh pelaku-pelaku tenis agar bisa meningkatkan pertenisan nasional.

Sejak kemunculannya pertama kali pada tahun 2009, RemajaTenis telah diselenggarakan di 35 kota di 22 provinsi seperti Medan, Pekanbaru, Tg Kerinci, Payakumbuh, Muaro Bungo, Sekayu, Tg Enim, Palembang, Lampung Tengah, Sungailiat, Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, Samarinda, Balikpapan, Menado, Palu, Makassar, Jayapura, Sumbawa Besar, Mataram, Banyuwangi, Surabaya, Blora, Kudus, Solo, Ambarawa, Tegal, Cirebon, Sumedang, Bandung, Bogor, Cibinong, Cilegon, dan DKI Jakarta.

Ketika ditanyakan kepada August Ferry Raturandang atau yang dikenal dengan sapaan Opa AFR tentang visi dan misinya, dikatakan bahwa visinya adalah mengoptimalkan potensi tenis daerah sejalan dengan otonomi daerah. Sedangkan misinya disebutkan meningkat kualitas SDM Tenis daerah. Seperti diketahui SDM tenis itu adalah petenis, pelatih, wasit dan ofisial lainnya.

Mengenai rencana tahun 2022, Opa AFR mengungkapkan bila sudah mulai penjajagan kepada pelaku tenis didaerah seperti Pelti maupun klub tenis. RemajaTenis selalu membuka diri untuk kerjasama dengan Pelti baik tingkat kota/kabupaten ataupun provinsi. Untuk 2022 sudah ada titik terang datang dari daerah di Sumatra, Bangka Belitung, Bali, NTB, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Terutama jika pandemi Covid sudah berlalu , otomatis pertenisan Indonesia akan naik lagi.

Opa AFR menambahkan bila tidak tertutup kemungkinan RemajaTenis akan menyelenggarakan salah satu ITF Junior Tournament jika diperkenankan oleh PP Pelti.

Hasil-hasil pertandingan dan Info turnamen tenis terkini lainnya dapat disimak di tenisIndonesia

August Ferry Raturandang