Leylah Fernandez Melaju ke Final Grand Slam Amerika Serikat Terbuka. Ini Dua Petenis Indonesia yang Pernah Berduel Dengannya

ayotenis.com - Leylah Annie Fernandez mencetak kejutan besar di ajang turnamen Grand Slam Amerika Serikat Terbuka 2021. Petenis muda asal Kanada itu, sukses menjejakkan kaki ke babak final tunggal putri salah satu turnamen tenis terakbar di muka bumi tersebut.

Tiket babak pamungkas berhak digenggam oleh Leylah Fernandez, menyusul kemenangan yang dipetiknya di babak semifinal atas petenis Belarusia, Aryna Sabalenka.

Bertanding di Arthur Ashe Stadium, Jumat (10 September 2021) pagi WIB, Leylah Fernandez yang pada turnamen ini tak diunggulkan, menjungkalkan Aryna Sabalenka yang merupakan unggulan kedua, lewat pertarungan sengit selama tiga set yang berkesudahan dengan skor 7-6(3), 4-6, 6-4.

Berikutnya di babak puncak Grand Slam yang dihelat di Negeri Paman Sam tersebut, Leylah Fernandez bakal berjibaku menghadapi pemenang partai semifinal lainnya yang mempertandingkan antara unggulan ke 17, Maria Sakkari dari Yunani kontra petenis kualifikasi, Emma Raducanu asal Britania Raya.

(Update: Emma Raducanu menang atas Maria Sakkari dengan skor 6-1, 6-4)

Berbicara moncernya prestasi Leylah Annie Fernandez di US Open tahun ini, mengingatkan kita bila ia pernah bertanding melawan dua petenis Indonesia beberapa tahun lalu.

Priska Madelyn Nugroho adalah petenis Indonesia pertama yang pernah bertarung melawan Leylah Fernandez.

Duel antara dua remaja itu terjadi pada putaran final yunior Fed Cup World Group 2018 yang digelar di Budapest, Hungaria. Pada ajang bertitel "2018 Junior Fed Cup by BNP Paribas Finals" itu, mereka sempat bertanding sebanyak dua kali. 

Perjumpaan pertama Leylah Fernandez versus Priska adalah di laga penutup penyisihan Grup C. Sementara bentrok kedua mereka terjadi pada laga play off perebutan peringkat 7.

Pada pertemuan pertama, Priska harus mengakui keunggulan petenis kelahiran tahun 2002 itu dengan skor 4-6, 2-6. Akan tetapi selang beberapa hari kemudian, Priska mampu memberi perlawanan ketat pada Leylah, hingga pertandingan berakhir dengan skor tipis 5-7, 5-7.

Di ajang yang bergulir mulai 25 s/d 30 September 2018 tersebut, selain bertemu di nomor tunggal, Priska dan Leylah juga bersua di nomor ganda. Ketika itu, Priska Madelyn Nugroho yang berduet dengan Janice Tjen, bertanding menghadapi Leylah Fernandez yang berpasangan dengan Jada Bui di babak penyisihan grub C.

"Pemain kita jauh bisa lebih beradaptasi dengan permainan lawan. Sayang keberuntungan belum di pihak kita." tulis Ryan Tanujoyo, kapten sekaligus pelatih Tim Fed Cup yunior Indonesia, dalam siaran pers yang diterima oleh ayotenis (01/10).

Petenis Indonesia berikutnya yang mendapat kesempatan menjajal kehebatan Leylah Annie Fernandez adalah Aldila Sutjiadi.

Dila, demikian Aldila Sutjiadi akrab disapa, berduel melawan Leylah Fernandez di babak pertama turnamen ITF (International Tennis Federation) W25 Canberra.

Bertanding pada hari Rabu (20 Maret 2019), Leylah Fernandez yang pada turnamen berlabel "W25 Canberra Act Clay Court International" itu berstatus petenis kualifikasi, menyudahi perlawanan Dila dengan angka 7-5, 6-1.

Semoga Aldila Sutjiadi dan Priska Madelyn Nugroho mendapatkan kesempatan untuk bertarung kembali melawan Leylah Annie Fernandez, dan mampu menembus kekalahan mereka di perjumpaan sebelumnya.

Berikut perjalanan Leylah Fernandez menuju babak final Grand Slam US Open 2021:

Babak Pertama Vs Ana Konjuh (Kroasia):  7-6(3), 6-2.

Babak Kedua Vs Kaia Kanepi (Estonia): 7-5, 7-5.

Babak Ketiga Vs Naomi Osaka (Jepang): 5-7, 7-6(2), 6-4.

Babak 16 Besar Vs Angelique Kerber (Jerman): 4-6, 7-6(5), 6-2.

Perempatfinal Vs Elina Svitolina (Ukraina): 6-3, 3-6, 7-6(5).

Semifinal Vs Aryna Sabalenka (Belarusia): 7-6(3), 4-6, 6-4.

Leylah Fernadez Pernah Kesulitan Taklukkan Priska

Leylah Fernandez Vs Aldila Sutjiadi
foto Indriatno Sutjiadi