Tenis Olimpiade: Kalahkan Wakil Korsel, Bonit Wiryawan / Suharyadi Hadapi Goran Ivanisevic / Goran Prpic di Babak 2 - ayo tenis -->
Perumnas

Tenis Olimpiade: Kalahkan Wakil Korsel, Bonit Wiryawan / Suharyadi Hadapi Goran Ivanisevic / Goran Prpic di Babak 2

Tenis Olimpiade: Kalahkan Wakil Korsel, Bonit Wiryawan / Suharyadi Hadapi Goran Ivanisevic / Goran Prpic di Babak 2

ayotenis.com, 1 Agustus 2021 - Ditengah hingar-bingar perhelatan Olimpiade Tokyo 2020 yang sedang berlangsung di Tokyo, Jepang, tidak ada salahnya kita mengenang kembali kiprah atlet-atlet Indonesia di ajang multi event 4 tahunan tersebut, dimasa lalu.

Salah satu yang menarik untuk disimak adalah kisah perjuangan petenis-petenis andalan Merah Putih di pesta olahraga terakbar di muka bumi itu. Sejumlah petenis Indonesia tercatat pernah berlaga di Olimpiade, diantaranya adalah Bonit Wiryawan dan Suharyadi. Mereka menjadi wakil Merah Putih di Olimpiade Musim Panas 1992 di Barcelona, Spanyol.

Kala itu, Bonit Wiryawan dan Suharyadi tampil berpasangan untuk berkompetisi di nomor ganda putra.

Pada putaran pertama nomor ganda putra, Bonit Wiryawan/Suharyadi harus berjibaku melawan pasangan tangguh Korea Selatan, Chang Eui Jong / Kim Chi Wan. Pertarungan antar dua pasangan ganda Asia tersebut terjadi pada Kamis, 30 Juli 1992.

Menang mudah 6-1 di set pertama, Bonit Wiryawan/Suharyadi harus kehilangan set kedua dan ketiga, 6-7(6), 4-6. Tertinggal 1-2, duet Merah Putih berusaha bangkit. 

Usaha mereka tidak sia-sia. Bonit Wiryawan/Suharyadi berhasil mengunci set keempat dengan skor 6-3 untuk sekaligus menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Kedudukan berimbang memaksa pertarungan harus dituntaskan dengan set penentuan. 

Pada set kelima, nampaknya Bonit Wiryawan/Suharyadi telah menemukan bentuk permainan terbaik mereka. Bonit Wiryawan/Suharyadi menutup set penentuan dengan skor cukup telak, 6-2.

Kemenangan Bonit Wiryawan/Suharyadi atas pasangan ganda Negeri Ginseng itu mengantarkan mereka melangkah ke putaran kedua untuk menghadapi salah satu petenis terbaik dunia kala itu, Goran Ivanisevic yang berpasangan dengan Goran Prpic.

Pada laga putaran kedua yang dipertandingkan Sabtu, 1 Agustus 1992, Bonit Wiryawan/Suharyadi harus mengakui ketangguhan wakil Kroasia yang akhirnya menyabet medali perunggu tersebut. Bonit Wiryawan/Suharyadi takluk pada Goran Ivanisevic / Goran Prpic straight set 5-7, 2-6, 2-6.

"Ya main di multi event seperti pada ajang olympic merupakan pengalaman sangat luar biasa. Apalagi waktu itu bisa menang di babak pertama lawan wakil dari Korea yang notabene mereka juga pemain berkelas dunia." tutur Bonit Wiryawan dalam bincang-bincang bersama ayotenis.com, Minggu (1 Agustus 2021).

Petenis asal Kota Pahlawan itu mengaku bangga dapat menjadi Olympian, yang mewakili Indonesia di ajang sangat bergenggsi dan prestisius tersebut.

"Ini pengalaman yang tidak mungkin terlupakan. Kita bisa melihat seluruh pemain tenis dunia yang ada disitu, kala itu ada Boris Becker, Andre Agassi, Pete Sampras, Stefi Graff dan masih banyak pemain elite dunia lainnya." kenang pria kelahiran bulan Februari itu.

"Tak hanya bersua petenis-petenis top dunia, kala itu kita juga bisa melihat atlet-atlet terbaik dunia dari berbagai cabang olahraga lainnya, seperti legenda basket dunia, Michael Jordan dan masih banyak lagi." imbuh peraih medali emas SEA Games ganda putra tahun 1997 dan ganda campuran tahun 2001 itu

"Itu moment yang sangat luar biasa, dan tidak semua atlet bisa mendapatkan kesempatan tersebut, karena tentunya hanya atlet-atlet terpilihlah yang dapat berlaga di Olimpiade." tandas Bonit diakhir perbincangannya bersama ayotenis.com.

Selain Bonit Wiryawan dan Suharyadi, sejumlah petenis Indonesia lainnya juga tercatat turut berlaga di Olimpiade Barcelona 1992, yaitu Yayuk Basuki, Suzanna Anggarkusuma Wibowo dan Benny Wijaya.

Rasanya tak sabar menantikan munculnya kembali petenis-petenis Indonesia yang dapat berkiprah di pesta olahraga terbesar di dunia tersebut. Semoga tak lama lagi, mungkin di Olimpiade Paris 2024 atau di Olimpiade Musim Panas 2028 yang secara resmi dikenal sebagai Games of the XXXIV Olympiad yang bakal digelar di Los Angeles, California, Amerika Serikat.

Jessy Rompies Juara Turnamen Tenis Profesional di Amerika Serikat

Foto kenangan Bonit Wiryawan dan Suharyadi
di Olimpiade Barcelona 1992

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 ayo tenis | All Right Reserved