Naomi Osaka Putuskan Mundur dari Prancis Terbuka Gegara Konferensi Pers. Ini Kata Doktor UNESA

ayotenis.com, Surabaya 13 Juni 2021 - Keputusan petenis putri Jepang, Naomi Osaka, untuk mundur dari turnamen Grand Slam Prancis Terbuka 2021 menuai beragam tanggapan dari berbagai kalangan. Termasuk dari pengamat dan pemerhati tenis Indonesia. Salah satunya dari Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T., anggota Tim psikologi PON KONI Jatim.

"Berdasarkan yang saya baca, Naomi Osaka mengaku mengalami stres karena jumpa pers ini sejak US Open 2018 karena dia orangnya introvert, selalu mengalami kecemasan yang tinggi ketika diminta berbicara di depan umum, apalagi dengan banyak media dan penonton." tutur Anung saat dihubungi ayotenis.com, Minggu (6 Juni 2021).

"Jadi atlet yang enjoy bertanding di lapangan belum tentu enjoy ketika diminta jumpa pers atau kegiatan lain diluar tenis. Namun karena peraturan dari panitia penyelenggara yang mengharuskan semua atlet mengikuti jumpa pers, hal itu membuat atlet seakan TERPAKSA mengikuti walaupun sebenarnya dia tertekan karena kecemasan berlebihan yang dialaminya." imbuhnya.

"Akhirnya, tahun ini Naomi.memutuskan untuk memulihkan kesehatan mentalnya dengan undur diri French Open, walaupun dengan konsekuensi harus didenda. Mestinya kalau ada psikolognya bisa mendampingi (Naomi Osaka -red) melatih siap menghadapi acara jumpa pers walau tidak harus banyak bicara." pungkasnya.

Jadi memang untuk mencetak pemain tingkat dunia, dibutuhkan peran banyak pakar dari berbagai disiplin ilmu. Tak cukup hanya pelatih yang mumpuni saja, namun juga perlu melibatkan ahli gizi dan nutrisi, pelatih fisik, psikolog, motivator dan masih banyak lagi.

Semoga kita dapat mengambil hikmah dan pembelajaran dari apa yang dialami oleh Naomi Osaka, untuk semakin memperhatikan semua aspek dan komponen dalam upaya pembinaan atlet sejak usia dini.

Berikut adalah CV Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T.

Nama lengkap                         : Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T.

Alamat : Gresik, Jawa Timur

Telp/email : 081 2 3 5 9 6 4 6 2 4/ anungpriambodo@unesa.ac.id 

Pendidikan           a. Sarjana Pendidikan Olahraga IKIP Surabaya 

                                                  b. Magister Psikologi Terapan Kekhususan Olahraga Universitas Indonesia 

                                                  c. Doktor Psikologi Pendidikan Universitas Negeri Malang  

Pengalaman Kerja                    a. Dosen Jurusan Pendidikan Olahraga FIO UNESA 

                                                   UNESA 

                                                   b. Kepala Divisi Kelulusan Satuan Admisi UNESA 

                                                   c. Tim psikologi PON KONI Jatim 

                                                   d. Sekretaris APMOI

Info terkini dari turnamen Prancis Terbuka juga dapat disimak di arayanaNews

Dr. Anung Priambodo, S.Pd., M.Psi.T.