Kiat Atasi Kendala Keuangan Bagi Atlet Tenis (Bagian Pertama) - ayo tenis -->

Kiat Atasi Kendala Keuangan Bagi Atlet Tenis (Bagian Pertama)

Kiat Atasi Kendala Keuangan Bagi Atlet Tenis (Bagian Pertama)

ayotenis, Jakarta 17 April 2020 - Masalah keuangan sering menjadi hal yang krusial dan momok bagi banyak atlet yunior dalam upaya mereka menggapai prestasi. Orang tua para atlet muda dituntut harus pandai-pandai mengatur keuangan sendiri sebelum putra-putri mereka mampu menorehkan prestasi dan mendapat penghargaan yang layak.

Andrian Raturandang, salah satu mantan petenis profesional, dan Indriatno Sutjiadi, ayah petenis putri terbaik Asia Tenggara, Aldila Sutjiadi, berbagi kiat mengatasi kendala keuangan bagi atlet yunior.

"Financial kerap menjadi kendala atlet yunior, soal financial ini memang tricki semua dari mind set sebenarnya. Banyak yang bilang, wah mahal ngga ada biaya untuk tour bertanding, tidak disupport oleh pengurus, pengprov atau pengkab/pengkot, ada yang bilang ngga punya sponsor.." kata Andrian Raturandang kepada ayotenis.com, Minggu (5 April 2020).

"Klo saya bilang ngga ada hubungan dengan PELTI (Persatuan Tenis Seluruh Indonesia -red) atau pengurus lainnya, karena tennis is profesional, jadi pemain harus berusaha sendiri untuk bisa berprestasi, pengurus hanya sebagai wadah untuk membantu kita, klo ada event seperti SEA Games, Asian Games atau Olympic baru ada budget dari pemerintah melalui pengurus itu lain lagi, nah harus pintar-pintarnya kita, dan sekarang sebenarnya lebih mudah karena sudah ada media sosial, jadi lebih gampang mempromosikan diri." imbuh mantan petenis putra nomor 1 Indonesia itu.

"Jadi kembali lagi kepada mind set harus bisa investasi klo tahu apa itu kata investasi berarti mengerti yang harus dilakukan. Kadang kita mau tetapi mikir setengah-setengah, ngga akan jadi." urai Andrian.

"Karena kan sekarang banyak klo mau ada yang sponsor.. contoh ya, klo Porda (Pekan Olahraga Daerah -red) atau PON (Pekan Olahraga Nasional -red) kan ada semacam kontrak dan uang bulanan plus dapat uang pertandingan itu aja udah lebih dari cukup, ngga ada alasan lagi untuk bilang financial kendala, bagi saya itu omong kosong..." tandas putra sulung tutor ITF (International Tennis Federation) level Alfred Raturandang itu.


Bersambung kebagian kedua...

Baca juga Jadwal Turnamen dan Info Tenis Terkini lainnya

Tak ingin ketinggalan update berita tenis terkini? Follow instagram kami @ayotenis

Andrian Raturandang

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 ayo tenis | All Right Reserved