Kapan Usia Ideal Anak untuk Mulai Mengenal dan Berlatih Tenis? - ayo tenis

Kapan Usia Ideal Anak untuk Mulai Mengenal dan Berlatih Tenis?

Kapan Usia Ideal Anak untuk Mulai Mengenal dan Berlatih Tenis?

ayotenis, 3 April 2020 - Berapa usia ideal bagi anak untuk mulai berlatih tenis? Pertanyaan tersebut sering dilontarkan oleh para orang tua yang ingin anaknya bisa bermain bahkan berprestasi di cabang olahraga yang dahulu lebih dikenal dengan nama tenis lapangan itu.

Menurut kami, tidak ada salahnya memperkenalkan tenis sejak dini pada anak-anak kita, karena hal itu sangat baik untuk tumbuh kembang mereka. Di Indonesia, klub atau pusat pelatihan dan les tenis biasanya mulai dibuka bagi anak usia 4 hingga 5 tahun.

Salah satu Srikandi tenis andalan Indonesia, Aldila Sutjiadi, mulai mencoba belajar mengayunkan raket tenis ketika usainya baru menginjak 5 tahun. Ketika itu Aldila Sutjiadi diantar oleh kedua orang tuanya bergabung ke klub KTKG (Kampus Tenis Kelapa Gading) dibawah binaan salah satu legenda hidup tenis Indonesia, Hadiman.

Menurut mantan petenis putra terbaik Indonesia, Andrian Raturandang, usia ideal bagi anak untuk mulai mengenal dan belajar tenis adalah 5-6 tahun.

"Dari usia 5-6 tahun anak-anak sudah bisa diperkenalkan untuk mulai belajar tenis." kata Andrian Raturandang ketika dihubungi ayotenis.com, Rabu (1 April 2020).

Namun tentu saja pada usia dini anak tidak perlu terlalu dibebani target yang muluk termasuk apakah harus menjadi atlet yang berprestasi dan sebagainya. Yang lebih penting pada usia tersebut adalah mengkondisikan agar si anak menyukai tenis. Target utamanya adalah agar anak benar-benar menyukai cabang olahraga ini.

"Pengenalan awal buat anak-anak enjoy to play tenis dulu, kalau main tenis is fun.. karena kebanyakan anak-anak umur segitu masih banyak mainnya dan cepat banget distractnya." imbuh mantan pelatih tim nasional tenis Indonesia tersebut.

Nah, bagi para orang tua yang masih ragu memperkenalkan tenis bagi putra-putrinya, mungkin sudah mendapatkan sedikit acuan kapan waktu yang tepat membawa sang buah hati ke klub atau pusat latihan dan les tenis pilihan.

Ada baiknya para orang tua tidak menyia-nyiakan kesempatan emas untuk mulai memperkenalkan tenis sedini mungkin kepada putra-putri mereka. Karena selain menjaga kesehatan fisik dan mental, tentu banyak manfaat lain yang bakal didapat oleh anak-anak dengan mulai mengenal dan belajar tenis.

Baca juga Jadwal Turnamen dan Info Tenis Terkini lainnya

Tak ingin ketinggalan update berita tenis terkini? Follow instagram kami @ayotenis


Andrian Raturandang perkenalkan tenis pada siswa usia dini

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 ayo tenis | All Right Reserved