Kejurnas RemajaTenis Jakarta-85: Inilah Juaranya

ayotenis, Jakarta, 17 Februari 2020 - Salah satu petenis putri andalan Blora, Diandra Kirana Wulan Sari, sukses menorehkan prestasi gemilang dipertengahan bulan Februari 2020 ini dengan menyabet gelar juara diajang kejuaraan nasional (kejurnas) RemajaTenis Jakarta-85.

Titel kampiun nomor tunggal putri kelompok umur 16 tahun berhak disandang oleh Dara manis kelahiran 4 Juni 2006 itu menyusul kemenangan yang dipetiknya di laga pamungkas atas petenis tuan rumah, Lulwa Naswardani. 

Bertanding di lapangan tenis Marinir Cilandak, Jakarta, Minggu (16 Februari 2020), Diandra mengalahkan Lulwa dengan skor 8-2. Sebelum itu, di semifinal Diandra berhasil menyingkirkan petenis tuan rumah lainnya, Nea Kirana Pierielie Pieroelie 6-4, 6-3.

Perhelatan RemajaTenis Jakarta-85 sempat terhambat pelaksanaannya akibat turunnya hujan cukup lebat yang berlangsung hingga malam. Tetapi para atlet beserta orang tua mereka tetap setia menanti sampai hujan reda.

Partai final tetap berlangsung seru karena masing-masing atlet berusaha menujukkan penampilan terbaiknya, dengan semangat juang yang mereka perlihatkan.

Di sektor tunggal putra kelompok umur 16 tahun, gelar juara berhasil disabet oleh Louis Mahaviro Deo Tarigan yang membukukan kemenangan 8-1 atas Jojo Indradewa di laga pamungkas.

Sementara itu gelar juara nomor tunggal putra kelompok umur 18 tahun menjadi milik M Rafi SP setelah dirinya memenangi laga puncak melawan Bryan Justin Valentino Derek. M Rafi SP membekuk petenis DKI Jakarta itu dengan skor 8-4.

Joanne Kayla Godwin asal Cibubur berhak naik ke podium tertinggi nomor tunggal putri kelompok umur 14 tahun setelah dirinya mencatatkan kemenangan 8-5 atas petenis DKI Jakarta, Clarinta Jyara Feisal.

Sedangkan gelar juara sektor putra kelompok umur tersebut berhak dibawa pulang oleh Arif Wisnu Hariyanto dari Tegal yang di babak akhir berhasil menghempaskan petenis DKI Jakarta, Dwi Ade Rahmantoro dengan skor 8-3.

Salah satu petenis DKI Jakarta yang sukses diajang ini adalah Jaden Donald Elliott yang berhasil merengkuh gelar juara nomor tunggal putra kelompok umur 12 tahun. Remaja kelahiran 18 Oktober 2008 itu tampil sebagai yang terbaik berkat kemenangan yang diraihnya di babak final atas rekannya sesama petenis DKI Jakarta, Eric Matthew Gunawan. Jaden menekuk Eric dengan skor 8-4.

Mischka Sinclaire Goenadi juga menjadi petenis tuan rumah yang sukses di kejuaraan ini. Dia tampil sebagai jawara nomor tunggal putri kelompok umur 12 tahun. Mischka keluar sebagai juara setelah memenangi laga puncak bertajuk "all Jakarta final" yang mempertemukan dirinya melawan Febyaro Ribby Santara.

Mischka memenangi laga derby sekota itu melalui pertarungan ketat yang berkesudahan dengan skor tipis, 9-8(7).

Titel kampiun nomor tunggal putra kelompok umur 10 tahun berhak disandang oleh petenis DKI Jakarta lainnya, yaitu Rafa Rizky Ramadhan yang membukukan kemenangan 8-5 atas Niki Resya Wardana.

Salah satu laga spesial diajang ini adalah final nomor tunggal putri kelompok umur 10 tahun yang mempertemukan cucu maestro bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono, Gwen Emily Kurniawan melawan petenis Banten, Maula Sa'ya. Pertandingan akhirnya dimenangkan oleh Gwen dengan skor 8-5.

August Ferry Raturandang sebagai promotor turnamen melihat banyaknya bibit muda yang dimiliki saat ini. 

"Musuh utama pemain adalah dirinya sendiri. Dalam pertandingan faktor mengatasi dirinya sangat penting. Banyak hal cobaan terjadi seperti bad call wasit maupun ulah lawan saat bertanding. Makin sering ikut turnamen untuk menguji sampai dimana pemain bisa mengatasi dirinya kemudian baru kelawannya." kata August Ferry Raturandang.

Menurut pria yang lebih akrab disapa Opa AFR itu, RemajaTenis selanjutnya akan diselenggarakan di Jakarta untuk ke 86 kalinya yaitu pada tanggal 6-8 Maret 2020.

Hasil Final RemajaTenis Jakarta-85

KU 10 Pa: Rafa Rizky Ramadhan (DKI) vs Niki Resya Wardana: 85.
KU 10 Pi: Gwen Emily Kurniawan (DKI) vs Maula Sa'ya (BTN): 85. 
KU 12 Pa: Jaden Elliott (DKI) vs Eric Matthew Gunawan (DKI):84. 
KU 12 Pi: Mischka Sinclaire Goenadi (DKI) vs Febyaro Ribby Santara (DKI):98(7).
KU 14 Pa: Arif Wisnu Hariyanto (TGL) vs Dwi Ade Rahmantoro (DKI):83. 
KU 14 Pi: Joanne Kayla Godwin (DKI) vs Clarinta Kyara Feisal (DKI):85. 
KU 16 Pa: Louis Mahaviro Deo Tarigan (DKI) vs Jojo Indradewa (CBBR): 81. 
KU 16 Pi Diandra Kirana Wulan Sari (BLO) vs Lulwa Naswardhani 82. 
KU 18 Pa M Rafi SP (DKI) vs Bryan Justin Valentino Derek (DKI): 84.

Baca juga Jadwal Turnamen dan Info Tenis Terkini lainnya


Diandra Kirana Wulan Sari