Moya Open: Jones Pratama Bekuk Unggulan 6, Ari Fahresi Tumbang

ayo tenis, Jakarta, 10 Oktober 2019 - Setelah sukses tampil sebagai kampiun nomor tunggal putra kelompok umur18 tahun diajang di RemajaTenis Jakarta-81 Minggu lalu, Jones Pratama asal Sumatera Selatan membuat kejutan besar dengan menjungkalkan unggulan keenam dari DKI Jakarta, Odeda M Arraza pada gelaran turnamen Moya Open yang tengah berlangsung di Jakarta. Jones yang pada turnamen ini tak diunggulkan, mendepak Odeda dengan dua set langsung, 64 41 ret. 

Sebagai pemain kualifikasi Jonas berhasil lolos kebabak utama.
"Main konsisten saja dan tanpa beban" komentar Jones 

Sementara itu anggota skuad Davis Cup Indonesia asal Jawa Timur, Ari Fahresi, harus mengakui ketangguhan petenis yang juga pernah memperkuat tim Piala Davis Indonesia, M Althaf Dhaifullah dari Papua Barat. Ari menyerah straight set 26 36

Selain Odeda dan Ari Fahresi, para unggulan lainnya masih bertahan dan melangkahkan kaki ke babak kedua turnamen Moya Open yang dihelat mulai 7 hingga 13 oktober 2019 di lapangan tenis Sultan dan merupakan agenda dari Asian Tennis Federation tersebut.

Unggulan teratas, Anthony Susanto tanpa kesulitan yang berarti berhasil menyingkirkan petenis Bangka Belitung Ega Uneputty dengan dua set langsung 61 62. Sementara rekan Anthony asal Jawa Timur, M.Ali Akbar yang diunggulkan diposisi kedua sukses mengandaskan perlawanan petenis asal Bandung, M. Rizal Muzaqir melalui pertarungan ketat selama tiga set yang berkesudahan dengan skor 64  46 62.

Seeded ketiga Rifqy Sukma Ramadhan asal Bogor juga belum terbendung dan melanjutkan kiprahnya di turnamen ini usai memetik kemenangan atas petenis DKI Jakarta, Rafi Rasendria 61 62.

Lucky Chandra  Kurniawan yang didapuk sebagai unggulan kelima membukukan kemenangan atas petenis yunior yang tengah bersinar, Claudio Lumanauw dari DKI Jakarta, 64 64. 

Sedangkan Unggulan ketujuh Rafly Feby Tri Prasetyo dari Jawa Tengah mencatatkan kemenangan atas rekannya sesama petenis Jawa Tengah, Bagus Laksono. Rafly Feby Tri Prasetyo menang setelah bertarung sengit rubber set yang berakhir dengan skor 46 61 76(5). 

Hasil positif juga ditorehkan oleh seeded kedelapan, Tegar Abdi W yang meraih kemenangan atas Hendrawan Susanto, 26 62 64.

Di babak berikutnya Jones Pratama bakal diuji kemampuannya oleh mantan pemain nasional Aditya Hari Sasongko yang di babak sebelumnya berhasil menyisihkan Tio Juliandi Hutauruk straight set 63 62.

"Saya kembali akan fokus tanpa beban. Usahakan jangan ada beban." ujar Jones ketika dimintai komentar terkait lawannya di babak kedua.

Dalam turnamen Moya Open ini diikuti pula oleh mantan pemain nasional Faisal Aidil dari Kalimantan Timur yang lolos ke babak kedua setelah menghempaskan Rindosa Widjaja 75 62. Dibabak kedua Faisal Aidil akan berduel dengan Riifqy Sukma Ramadhan.

Hasil apik lainnya dicetak oleh Sebastian Dacosta yang menang atas Budi Juliansyah 75 63. Sedangkan petenis senior lainnya, Andery Styawanto nampak masih terlalu tangguh bagi petenis yunior Giovan Lumenta. Andery Styawanto mengalahkan Giovan Lumenta dengan dua set langsung 61 63


Jones Pratama - foto August Ferry Raturandang