WTA FUTURE STARS - Indonesia Qualification: Motivation Session by Frank Van Fraaiyenhoven

Ayo Tenis, Jakarta, 28 Agustus 2019 - Persaingan sengit sudah nampak sejak perhelatan hari pertama kualifikasi Indonesia WTA Future Stars 2019 yang berlangsung di lapangan tenis The Sultan Hotel & Residence, Senayan, Jakarta, Selasa (27 Agustus 2019).

Ajang tersebut digulirkan untuk memilih petenis putri Kelompok Umur (KU) 14 dan 16 tahun sebagai wakil tim Merah Putih pada gelaran final WTA Future Stars 2019 di ShenZhen, China, mulai tanggal 20 hingga 28 Oktober 2019.

"Hanya juara pertama tunggal, baik KU 14 maupun 16 tahun yang akan berangkat ke WTA Future Stars Final di Shenzhen, China," kata Susan Soebakti selaku Direktur Turnamen WTA Future Stars Indonesia 2019.

"Sangat menarik, terutama di KU-14 karena semua petenis berperingkat PNP 1 hingga 10 tampil di ajang ini. Selain itu yang memanaskan suasana laga adalah hadirnya petenis-petenis yang telah bermain di KU-16 turun kelas di KU-14 karena usianya masih memenuhi syarat,” imbuhnya.

Beberapa petenis sudah terjungkal di arena pertandingan termasuk seeded ketiga, Freya Athallah Zayyan. Petenis dari Banjarnegara berperingkat ketiga nasional (PNP-3) itu harus mengakui ketangguhan sesama wakil Jawa Tengah, Fransisca Heidi Tan asal Purworejo dalam laga straight set 4-6 dan 5-7.

Sementara itu Hasna Raissaneva dari Gresik berhasil memenangi pertandingan antar sesama petenis Jawa Timur, Zoelfanka Saputra asal Malang. Neva demikian Hasna Raissaneva akrab disapa, menekuk Zoelfanka dengan skor 6-3 dan 6-3.

Unggulan pertama nomor tunggal KU-14, Kholisa Siti Maisaroh, belum terbendung dan melangkah mulus ke babak perempat final. Petenis peringkat pertama nasional dari Kudus, Jawa Tengah itu masih terlalu tangguh bagi mojang Bandung, Anjali Kirana Juniarto. Kholisa menang straight set 6-0 6-1.

"Pada KU-14, Indonesia juga punya kenangan manis di ajang ini dengan kesuksesan Priska Madelyn Nugroho keluar sebagai pemenang WTA Future Stars Final 2017," lanjut Wanita yang juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat (PP) Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (Pelti), tersebut.

Pada pelaksanaan hari kedua, Rabu (28 Agustus 2019), turnamen tenis khusus putri ini akan mulai mempertandingkan nomor tunggal KU-16 dan ganda KU-14. Selain itu Direktur Teknik PP Pelti asal Belanda, Frank van Fraaiyenhoven juga bakal tampil memimpin Motivation Class untuk para peserta, pelatih dan orang tua petenis yang hadir di event ini.

Berikut hasil lengkap kualifikasi WTA Future Stars Indonesia hari pertama, Selasa (27 Agustus 2019):

Kelompok Umur 14 Tahun

Kholisa Siti Maisaroh vs Anjali Kirana Junarto: 6-0 dan 6-1
Daniella Clara Suryapranata vs Bunga Nuraini: 0-6 dan 3-6
Freya Athallah vs Fransisca Heidi Tan: 4-6 dan 5-7
Zoelfanka Saputra vs Hasna Raissaneva: 3-6 dan 3-6
Putu Kevalaih Kirana Ayu Pribadi vs Nazwa Syamsabila: 6-1, 6-7 (1) dan 6-7 (4)
Zelda Garcia Muttaqim vs Joanne Lynn Hartono: 3-6 dan 2-6
Cylova Zuleyka Hukmasabiyya vs Meydiana Laviola R: 6-2 dan 6-4

Aprilia Ayu Kusumaningtyas vs Tiara Naura Nur Azizah: 6-7 (1) dan 1-6

Jadwal Rabu (28 Agustus 2019)

Babak Pertama Tunggal KU-16
Anggi Dwi Hidayati (Bali) v Ghean Desya Zahrani (Jambi)
Nicole Isman (DKI) v Justmin Da Costa (Tangerang Selatan)
Sasha Zalianty Putri (Makassar) v Felicia Halim (DKI)


WTA FUTURE STARS - Indonesia Qualification: Motivation Session by Frank Van Fraaiyenhoven